MASTER PLAN PENATAAN JALAN Ir. SOEKARNO, SOLO BARU, GROGOL, SUKOHARJO

Author : UnknownTidak ada komentar

(Rencana Awal)



A. Latar Belakang
Kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo merupakan kawasan yang mengalami perkembangan yang sangat pesat, karena banyaknya investasi yang masuk ke kawasan ini hingga mencapai lebih kurang 4 Triliun rupiah. Besarnya dana yang ditanamkan oleh investor untuk membuka usaha di kawasan ini, harus diimbangi pula dengan pelayanan yang optimal dari Pemerintah Daerah berupa penyediaan kelengkapan sarana pendukung. Salah satu penataan yang dilakukan adalah normalisasi saluran drainase yang ada agar tidak terjadi banjir saat hujan. Sebab dengan terciptanya kawasan yang bebas banjir, maka akan semakin menambah kepercayaan investor. Disisi lain penataan taman juga diperlukan untuk menambah kenyamanan masyarakat. Sebab selama ini taman yang ada masih kurang ideal dan kurang tertata dengan baik.

(a) Peta Citra Satelit (b) Area Perencanaan
Gambar Lokasi Kegiatan Penataan Jalan Ir. Soekarno, Solo Baru, Grogol

B. Lokasi
Jl. Ir. Soekarno, Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

C. Stake Holder 
Penyusunan RTBL dan DED koridor Jalan Ir. Soekarno, Solo Baru ini dilaksanakan oleh Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2013, selanjutnya pada Tahun 2014 yang lalu sudah dilaksanakan Penataan kawasan Jl. Ir. Soekarno, Solo Baru Tahap I yang akan dilanjutkan pada Tahun 2015 ini dengan penyusunan DED dan Penataan drainase, trotoar dan taman Jl. Ir. Soekarno Tahap II oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukoharjo dengan dana sebesar 9,355 Milyar rupiah untuk pekerjaan fisik.

D. Waktu Pelaksanaan
Penyusunan RTBL dan DED awal dilaksanakan pada Tahun 2013, selanjutnya pada Tahun 2014 dilaksanakan penyusunan DED dan pekerjaan fisik Tahap I (Patung Soekarno – Polsek Grogol/Fave Hotel) dan pada Tahun 2015 akan dilaksanakan penyusunan DED dan pekerjaan fisik Tahap II (Polsek Grogol – Patung Pandawa – Jembatan Bacem).

E. Gambaran Umum 
Pelaksanaan penataan Jl. Ir. Soekarno, Solo Baru, Kecamatan Grogol pada tahun 2014 yang lalu dipusatkan pada ruas antara Patung Ir. Soekarno (Tanung anom) – Fave Hotel/Polsek Grogol, sedangkan pada Penataan Jl. Ir. Soekarno Tahap II ini dilaksanakan mulai dari ruas jalan depan Polsek Grogol – Patung Pandawa – Jembatan Bacem. Fokus pekerjaan berupa pekerjaan saluran drainase, pembangunan trotoar, taman, serta penerangan jalan umum.

Adapun secara garis besar, pekerjaan dan segmen jalan yang akan dikerjakan adalah sebagai berikut:
1. Penataan Drainase/trotoar dan Boulevard/taman segmen Polsek – Nasmoco sepanjang 200m’ dengan dana sekitar 1,6 Milyar rupiah;
2. Penataan Drainase/trotoar dan Boulevard/taman segmen Nasmoco – Patung Pandawa sepanjang 450m’ dengan dana sekitar 3 Milyar rupiah;
3. Penataan Drainase/trotoar dan Boulevard/taman koridor Patung Pandawa – Jembatan Bacem sepanjang 880m’ dengan dana sekitar 5 Milyar rupiah.

Gambar Lokasi Penataan Jl. Ir. Soekarno ruas Polsek Grogol – Nasmoco
Sepanjang 200m’

Gambar Lokasi Penataan Jl. Ir. Soekarno ruas Nasmoco – Patung Pandawa
Sepanjang 450m’

Gambar Lokasi Penataan Jl. Ir. Soekarno ruas Patung Pandawa – Jembatan Bacem
Sepanjang 880m’

(a) Kondisi Eksisting (b) Rencana Penataan
Gambar Rencana Penataan Jl. Ir. Soekarno (Depan Polsek Solo baru)

(a) Kondisi Eksisting (b) Rencana Penataan
Gambar Rencana Penataan Jl. Ir. Soekarno (Eks Atrium arah Patung Pandawa)

(a) Kondisi Eksisting (b) Rencana Penataan
Gambar Rencana Penataan Jl. Ir. Soekarno (Perempatan Patung Pandawa)

(a) Kondisi Eksisting (b) Rencana Penataan
Gambar Rencana Penataan Jl. Ir. Soekarno (Pedestrian area Ruko arah Bacem)

Artikel Terkait

Posted On : Minggu, 16 Agustus 2015Time : Agustus 16, 2015
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Belajar Online | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]