MASTER PLAN NORMALISASI SALURAN DRAINASE TELUKAN, GROGOL, SUKOHARJO

Author : UnknownTidak ada komentar

(Rencana Awal)


A. Latar Belakang
Wilayah Telukan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo terutama pada area depan Pasar Telukan (ruas Jalan Provinsi Solo – Sukoharjo) merupakan salah satu titik lokasi banjir yang cukup parah di Kabupaten Sukoharjo. Kondisi saluran yang sempit, mampet, berlumpur, dan banyak kotoran menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan air ketika musim penghujan tiba. Apabila terjadi hujan sebentar saja, maka jalanan di depan Pasar Telukan Sukoharjo ini cepat sekali tergenang air sampai setinggi lebih dari 30cm. Genangan yang terjadi ini membuat penjual dan pembeli enggan ke pasar. Sehingga aktivitas perekonomian menjadi terganggu. 

Gambar Jalan Telukan Kabupaten Sukoharjo

B. Lokasi
Jalan Provinsi Solo - Sukoharjo (Jalan Telukan – Cluringan), Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

C. Stake Holder 
Ruas Jalan Solo – Sukoharjo (Jalan Telukan) ini merupakan ruas jalan milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Pada Tahun 2014 yang lalu dan pada Tahun 2015 ini kegiatan Normalisasi dan penataan saluran yang ada dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukoharjo. 

D. Waktu Pelaksanaan
Pada Tahun 2014, DED dan pelaksanaan pekerjaan fisik Normalisasi Saluran Drainase Telukan dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukoharjo sedangkan pada Tahun 2015 ini pekerjaan dilanjutkan dengan penyusunan DED dan Normalisasi Saluran Drainase Telukan – Cluringan, Kecamatan Grogol oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukoharjo.

E. Gambaran Umum 
Pelaksanaan perbaikan saluran drainase di Telukan sepanjang 800 m’ sudah dikerjakan pada Tahun 2014 yang lalu. Kondisi drainase di kawasan tersebut sudah cukup parah karena sedimentasi sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar. Perbaikan dimulai dengan membuka penutup drainase karena selama ini banyak bangunan toko dan rumah menutup saluran air dengan beton yang membuat saluran sulit dibersihkan jika ada kotoran masuk, setelah saluran dibuka kemudian dilakukan normalisasi saluran drainase dengan melakukan pengerukan di kanan kiri saluran dan sekaligus memperdalam saluran. 

Kecamatan Grogol pada dasarnya disiapkan menjadi wajah kota Sukoharjo sebelah Utara. Oleh sebab itu pembangunan trotoar yang ada didesain lebih bagus dan lebih menarik pada Tahun 2015, dilengkapi dengan fasilitas pendukung pejalan kaki.

Berdasarkan hasil perencanaan, rincian kegiatan adalah sebagai berikut:
1. Penyelesaian Pembangunan Drainase dan Trotoar Jl. Ciu – Jembatan Bacem (Saluran drainase sepanjang 400 m’ dan trotoar sepanjang 1400 m’);
2. Pembangunan Drainase dan Trotoar Jl. Ciu – Cluringan sepanjang 1220 m’.

Gambar Rencana Penyelesaian Pembangunan Drainase dan Trotoar Jalan Ciu – Jembatan Bacem

Gambar Pembangunan Drainase dan Trotoar Jalan Ciu – Cluringan

Berdasarkan dokumen perencanaan yang ada. Jumlah anggaran untuk pekerjaan fisik kegiatan Normalisasi Drainase Telukan – Cluringan, Kecamatan Grogol adalah sebesar Rp. 3.525.000.000,-, Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah melalui BPT Bina Marga Wilayah Surakarta sudah menganggarkan juga pada Tahun 2015 ini item pekerjaan saluran Drainase Telukan (Jalan Surakarta – Sukoharjo). Oleh sebab itu agar tidak terjadi duplikasi anggaran, maka kegiatan yang didanai oleh APBD pada item pekerjaan yang sama, akan dialihkan untuk kegiatan yang lain.

Gambar Potongan Melintang Drainase dan Trotoar Jalan Ciu – Cluringan


Artikel Terkait

Posted On : Senin, 17 Agustus 2015Time : Agustus 17, 2015
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Belajar Online | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]